Kehilangan data penting dari harddisk atau media portable lainnya tentunya hal ini tidak Anda inginkan bukan? Mungkin kalau datanya tidak terlalu penting itu tidak jadi soal, masalahnya kalau yang hilang itu adalah data amat sangat penting, misalnya saja kehilangan data nasabah bank, kehilangan data pelaku kriminalitas, kehilangan data keuangan negara, kehilangan data skripsi, kehilangan artikel penting dan masih banyak lagi.

Banyak orang berani membayar mahal untuk mengembalikan datanya agar bisa kembali, besarnya data yang hilang menjadi tolak ukur untuk biaya yang dikeluarkan. Kalau data yang hilang dari harddisk itu sebesar 40 Gb, Berapa ya kira-kira yang harus dibayar? Berapapun biayanya tentunya pasti akan dibayar, meskipun mungkin Anda harus membayarnya dengan cara menyicil(duh kasihan ^_^). Sangat berartikah sebuah data?

Tentu saja itu sangat berarti, misalnya saja Anda bekerja di sebuah bank dan tanpa sengaja menghilangan data nasabah bank dari harddisk komputer yang digunakan, celakanya lagi Anda tidak sempat membackup datanya. Apa yang mungkin nanti terjadi? Kemungkinan Anda akan mendapat teguran dari bos, kemungkinan gaji Anda akan dipotong, kemungkinan tidak mendapat gaji, dan lebih parah lagi kemungkinan kehilangan pekerjaan. Sebelum semua itu terjadi, Anda pasti akan mengambil langkah instant, yaitu membawa harddisk bermasalah tersebut ke tempat yang menyediakan jasa recovery. Pasti ada yang demikian!

Banyak yang mungkin berpikir, cara di atas adalah jalan satu-satunya agar data yang hilang bisa dikembalikan, tentu saja tidak demikian!
Kalau Anda terlanjur mengalami masalah di atas, tidak usah khwatir, sebab kita bisa menggunakan tool yang sederhana untuk mengembalikan data yang Anda hilang :

Recover Files 2.02

Tool freeware yang bisa Anda gunakan adalah Recover Files versi 2.02. Tool ini bisa Anda gunakan untuk mengembalikan file-file yang pernah terhapus dari hardisk atau media storage, seperti Flash Disk. Tampilan tool ini begitu sederhana tetapi proses pencarian bisa dilakukannya dengan cepat. Kelebihan lain yang dimiliki tool ini adalah memisahkan file yang terhapus berdasarkan kategori filenya, seperti Microsoft Word, JPEG, PSD, EXE dan tentunya ekstensi file lain yang pernah terhapus. Selain itu, setiap file yang berhasil ditemukan akan diberikan statusnya, yaitu Good, Very Good, Bad, dan Overwritten. Dengan adanya status tersebut kita bisa memilah milah mana yang bisa diselamatkan dan mana yang tidak.

Recover Files 2.02 bisa Anda download melalui situshttp://www.undeleteunerase.com, dibuat dalam dua tipe, yaitu versi instal (harus di instal terlebih dahulu) dan versi stand alone atau portable (langsung dijalankan).

GetDataBack

GetDataBack adalah tool yang sangat popular digunakan untuk mengembalikan data baik karena terhapus, hilang atau terformat sekalipun. Selain untuk media harddisk pada komputer bisa pula Anda gunakan untuk mengembalikan data pada Flash Disk , MP3/4 Player dan Memory Card. GetDataBack dibuat menjadi dua, yaitu GetDataBack for FAT dan GetDataBack for NTFS. Ini tergantung dari sistem partisi yang digunakan pada saat pertama kali menginstal Windows.

GetDataBack bisa digunakan pada Windows 98/Me/XP/NT/2000. Untuk mendapatkannya bisa di download melalui situs http://www.runtime.org.

getdata

WordFIX PRO 5.3

Satu lagi tool yang bisa Anda gunakan untuk merecovery file word adalah WordFIX PRO 5.3. Tool ini memiliki kemampuan untuk merecovery file pada Ms. Word yang disebabkan karena corrupt file, terkena virus atau file yang tidak bisa dibuka. Tool ini bisa digunakan pada Ms. Word 95, 97, 2000, XP dan 2003.

Untuk mendapatkannya Anda bisa mendownloadnya melalui situs http://www.cimaware.com. Sedangkan untuk versi yang digunakan adalah versi 5.03.