Cara yang paling baik untuk melupakan adalah dengan tidak berusaha untuk melupakan..
Semakin dirimu ingin melupakannya, semakin sering pula bayangan bayangan dirinya muncul di pikiran elo. Tidak berusaha untuk melupakan artinya elo tidak terlalu fokus dengan usaha untuk melupakan dia, karena dengan cara itu secara gak langsung elo terus mengingat ingat dia, bukan?

Okelah misalnya buat ngelupain dia, dirimu mencari kesibukan tambahan. Tapi selama motivasinya adalah untuk melupakan dia, selama dirimu melakukan kesibukan tambahan itu, pasti bakal selalu terbayang bayang dia. Dirimu bakal bertanya tanya dalam hati, berhasil gak yah dengan kesibukan tambahan ini dirimu melupakan dia. dst, dsb. Ujung ujungnya malah tambah bikin inget ke dia.

Problemnya bukan di mencari kesibukan tambahan nya. Tapi tergantung niatnya dari semula. Janganlah berusaha untuk ngelupain dia. Fokus ama apa yang dirimu hadapi sekarang. Tidak berusaha untuk ngelupain juga berarti jangan terus menerus meng-evaluasi sudah sejauh mana dirimu bisa melupakan dia. Let it flow. Live your life at this moment. Pusatkan perhatian ama apa yang dirimu hadapi sekarang. Don't think too much about the past it won't help.

Mungkin sesekali bayangan tentang masa lalu akan muncul lagi ke permukaan, but it's ok. It's normal. Apalagi udah bersama selama ber tahun tahun. Kalau bayangan2 itu muncul di permukaan, biarkan saja, jangan di tangkap.

Kalo bayangan2 seperti itu muncul, mungkin dirimu bisa coba nge-bayangkan dirimu sedang duduk di atas jembatan diatas sungai yang airnya jernih, kiri kanan hijau dedaunan, sejuk sekali. Bayangkan dirimu sedang melihat aliran air sungai, dan memori memori itu terapung apung di atas permukaan sungai itu. Dirimu melihat memori-memori itu terapung2 terbawa arus sungai, dari jauh, makin lama makin mendekat dan akhirnya pergi mengikuti aliran sungai menjauhi dirimu. Dan dirimu menoleh ke belakang dan melihat memori2 itu terombang ambing oleh riak sungai, timbul tenggelam dan akhirnya hilang dari pandangan mu.